Cara Membuat Logo Website dengan Inkscape

Membuat logo di website sebenarnya tidak terlalu sulit, banyak aplikasi yang menyediakan cara membuat logo. Pada kesempatan ini kami akan berbagi bagaiman cara membuat logo yang ada di header website ini. Logonya berupa foto anak kecil dan tulisan saja, warnanya pun hanya hitam dan putih saja.

Logo yang bagus adalah logo yang berbasis vektor, sehingga bisa dibesarkan beberapa kali lipat tidak akan masalah, karena pixelnya tidak akan berubah.

Aplikasi berbasis vektor yang sering dipakai adalah coreldraw dan juga inkscape, di dalam penjelasan kali ini kami akan menggunakan inkscape untuk membuat logo.

Berikut cara membuat logo dengan menggunakan software inkscape :

  1. Persiapan document
  2. Persiapan gambar,efek,dan tulisan
  3. Cara ekspor file logonya
  • Persiapan document

Pertama kita buka program inkscape, secara default inkscape akan menyiapkan dokument ukuran A4, kita bisa merubahnya sesuai dengan gambar logo yang akan kita buat. Untuk mengetahui ukuran gambarnya logo nya silahkan cek di thema website anda, baik itu yang menggunakan basic wordpress maupun blog spot. Setelah tahu ukuran gambar logonya, kita bisa terapkan di inkscape dengan cara klik file – document propertis, satuannya kita ganti ke pixel, kebetulan di thema yang kami pakai di kevinkayla.id ini, file logonya berukuran 400 x 100 pixel, sehingga kami setting ke angka tersebut. keterangannya seperti gambar di bawah ini

setting document 400 x 100 pixel
  • Persiapan gambar,efek, dan tulisan

Setelah dokumentnya siap, kita buka file foto yang mau dipakai untuk logo. File fotonya ini nanti akan kita beri efek kartun hitam putih. Silahkan klik file-open, dan silahkan cari foto yang mau dipakai . Jika fotonya sudah terbuka, kita beri efek kartun hitam putih dengan cara : klik pada fotonya, kemudian klik path,trace bitmap, nanti akan muncul box pengaturan trace bitmapnya, untuk logo ini kami pilih setingannya edge detection dengan tresholdnya 0,200 sehingga hasil kartunnya bisa terlihat seperti di gambar di bawah. Setelah tekan ok, maka otomatis gambar efek tadi di ekstrak sebagai layer baru di atas gambar sebelumnya, jadi kita tinggal copy saja dan pindahkan ke file logo yang sudah kita siapkan sebelumnya, kemudian kita atur letaknya, dan tambahkan tulisan yang sesuai

path -trace bitmap
setting trace bitmap-edge detection-treshold 0,200
hasil trace bitmap yang akan di copy dan past di file logo
Hasil paste trace bitmat yang sudah ditambah tulisan
  • Cara ekspor file logonya

Setelah ekspor gambar, dan menambah tulisan yang sesuai, tindakan selanjutnya adalah mengekspor gambar tersebut sebagai logo yang akan kita gunakan, saat mengekspor pastikan kita memilih tab “page” pada box ekspor, dan pastikan juga gambar yang akan kita simpan dalam format PNG, karena gambar dengan format PNG backgroundnya transparan sehingga cocok ditempatkan di website yang sudah ada backgroundnya.

Setingan ekspor file, ingan pilih page dan filetype png

Bagi yang ingin melihat video pembuatan logo ini dapat dilihat di bawah ini :

Semoga membantu

terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *