Cara Membuat Drop-down List di Microsoft Excel 2016

Program Microsodt excel 2016 banyak menyediakan tool-tool yang menarik untuk di bisa eksplorasi lebih jauh. Salah satu tool yang bagus di microsoft excel ini adalah drop-down list. Tool ini akan mempermudah navgasi di file excel yang kita punya.

Cara membuat drop-down list ini sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya butuh ketelitian dan ketekunan untuk mempelajarinya.

Postingan kali ini, kami akan memberikan contoh drop-down list sederhana di file excel. Contoh kasusnya seperti ini, kita menjadi HRD suatu perusahaan yang menerima berkas lamaran, dan kita ingin membua bentuk excel nama pelamar,dan status document lamarannya.

Kira-kira bentuk file excelnya seperti ini :

Untuk membuat drop-down list dari data status document di kolom B yang nanti dimasukkan ke dalam status document di kolom G adalah dengan membuat data di kolom B sebagai tabel, dengan cara sebagai berikut :

  • Sorot kolom B3 sampai B8
  • Kemuian klik tab Insert,kemudian tab table, nanti akan muncul seperti di bawah ini
  • ceklist kolom ” My table has header”

Langkah selanjutnya

  • Sorot tabel G4 – G13 (yang arsir warna kuning)
  • Kemudian klik tab data, dan pilih tab data validation seperti gambar di bawah ini

Setelah pilih tab data validation akan muncul box seperti gambar di bawah ini ,

Yang perlu di setting adalah : Allow = List, Source = B4 sampai dengan B8, kemudian tekan OK

Sampai di sini list nya sudah jadi dan bila kita klik di kolom yang warna kuning, akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Untuk menambah informasi bahwa di kolom tersebut ada drop-down list kita perlu setting lagi validasi datanya dengan cara ;

  • pilih kolom G4 -G13 (yang arsir warna kuning), klik tab data, klik data validation
  • Muncul kotak validasi data, pilih tab input message, di kolom title ketik ” Pilih status“, di kolom input message ketik : “Pilih status yang ada di drop-down list”
  • kemudian pilih tab error alert, di kolom style pilih :warning,di kolom title ketik :”status tidak ada di list“, di kolom input message ketik : “Pilih status yang ada di drop-down list“, tampilannya seperti gambar di bawah ini

Setelah tekan OK maka kita akan kembali ke halaman data excel kita, tampilannya drop-down listnya sudah ada notifikasinya, jadi jika kita klik di daerah yang berarsir warna kuning akan muncul notifikasinya, jika kita memasukan data yang tidak ada di list maka akan ada notifikasinya juga

sudah ada notifikasinya
jika kita ketik yang tidak ada dalam status document akan ada notifikasinya

Demikian cara membuat drop-down list sederhana di Microsoft excel 2016, cara membuat list drop down ini dalam bentuk video dapat dilihat di channel youtube di bawah ini

Semoga tulisan sederhana dapat membantu pembaca sekalian

salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *