Cara Menggabungkan file dengan Nitro pdf

Seringkali kita mempunyai file pdf hasil scan atau file foto jpg yang ingin kita gabungkan menjadi satu file pdf untuk mempermudah pengiriman via email atau untuk membuat ringkas document tersebut. Penggabungan file menjadi 1 file pdf bisa dilakukan dengan menggunakan software nitro pdf. Software Nitro pdf ini dapat di download di situs resminya di https://www.gonitro.com/

Misalnya kita mempunyai 10 file pdf pernyataan karyawan yang ingin kita gabungkan menjadi 1 file pdf saja seperti gambar di bawah ini :

Untuk menggabungkan file-file tersebut menjadi satu file pdf, yang pertama dilakukan adalah pastikan bahwa kita sudah menginstall Nitro pdf dengan benar di komputer atau pc kita, minimal Nitro PDF versi 8, pada postingan ini dibuat Nitro pdf terbaru adalah versi 13.

Jika kita menginstall nitro pdf dengan benar di komputer kita, dan sudah di setting sebagai program default untuk membuka file pdf, maka sangat mudah untuk menggabungkan file-file ini menjadi satu file, yaitu dengan cara menyorot semua file yang mau digabung, kemidian pilih “Combinated supported files in Nitro Pro” seperti gambar di bawah ini

Ketika kita klik “Combinated supported files in Nitro Pro” akan muncul kota dialog di bawah ini

Pada kotak dialog “combine files” ini kita bisa menambahkan file dengan klik add file, pastikan juga urutan dokument sudah sesuai , jika tidak sesuai kita bisa mengaturnya dengan cara sorot halaman yang mau diatur kemudian kilik “move up” atau “move down” untuk menyesuaikan posisi halamannya, Jika sudah sesuai silahkan klik ” Create”

Kecepatan proses create ini sangat tergantung dengan spesifikasi komputer anda, jika spesifikasi nya tinggi, proses ini pun akan cepat. Setelah selesai proses akan muncul kotak dialog di bawah ini:

Silahkan di isi file namenya kemudian klik save, maka 1 dokument baru yang terdiri dari 10 dokument pdf sudah berhasil dibuat.

Selain menggabungkan file pdf, bisa juga menggabungkan file jpg, word,atau excel, yang pasti file-file tersebut akan di convert dulu menjadi pdf dan kemudian digabungkan menjadi 1 file pdf.

Demikian informasi singkat cara gabungkan file pdf, semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *