Cara membuat empat tampilan video dalam satu layar atau Split screen

Dunia editing video berkembang dengan sangat pesat. Kalau dulu untuk mengedit video kita memerlukan komputer yang mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi untuk bisa menjalankan proses editing. Tapi sekarang hanya dengan bermodalkan Smartphone, kita sudah bisa mengedit berbagai macam video, dengan berbagai macam efek.

Postingan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara membuat empat tampilan di dalam satu layar atau di istilah editing video itu biasanya dinamakan split screen, atau membagi layar.

Contoh split screen dapat dilihat gi gambar di bawah ini :

Contoh 4 tampilan video dalam 1 layar

Untuk membuat tampilan video seperti gambar di atas ini, tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Kami menggunakan Software Video Editing KDENLIVE, program editing license nya free dan cukup ringan digunakan di komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Sebagai informasi kami menggunakan Laptop Asus dengan speck Procesor nya Intel Celeron dan Memory 2 GB, namun bisa melakukan trik ini. Hanya rendernya memang sedikit lama.

Sistem operasi yang kami gunakan adalah ubuntu 20.04 LTS, software Kdenlive bisa di download di ubuntu software. Untuk pengguna Windows dapat di download di https://kdenlive.org/en/download/.

Kita langsung saja mempelajari cara membuat tampilan seperti di atas, bagi yang ingin melihat videonya bisa cek di bagian akhir dari tulisan ini

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Buka Kdenlive, kemudian tambahkan track sesuai dengan video yang mau ditampilkan dengan cara klik kanan di track yang sudah ada kemudiian klik add video track
Insert track
  • Tambahkan klip yang mau di edit, dengan cara klik project, kemudian add klip or folder
add clip or folder
  • Susun klip di track sesuai urutan yang diinginkan, dengan cara klik and drag video dari project bin ke arah track yang diinginkan
  • Beri Komposisi dan efek di klip kemudian posisikan layar videonya, pertama tambah komposisi dengan cara klik kanan pada video paling atas (video 4) kemudian pilih insert an composition>composite and transform, lakukan proses yang sama pada video 3, video 2, untuk video 1 tidak perlu karena posisinya paling bawah.
Composite and transform
  • Kemudian efek kedua dilakukan dengan cara klik kanan pada video 4, lalu pilih insert an effect>transform , nanti muncul data di Effect and Composition stack tab, pada data tersebut kita ganti sizenya menjadi 50%, otomatis di layar projecr video 4 akan mengecil, ukurannya, lakukan proses yang sama untuk video 3,2,dan 1, dan langsung kita posisikan videonya di layar project sesuai dengan yang kita inginkan.
insert effect -transform
setting size dan posisikan video di project monitor

Sampai di sini, tampilan empat video di satu layar sudah jadi, selanjutnya kita bisa mengatur besaran video yang tampil dengan mengatur sizenya, dan juga dapat mengatur transparasi,kemiringan, dan lain-lain dengan mengatur opsi-opsi pada tab Effect and Composition stack. Selanjutnya silahkan di render untuk mendapotkan 4 video dalam 1 layar.

Yang ingin melihat video tutorialnya dapat menonton channel youtube di bawah ini :

Demikian informasi mengenai cara membuat empat tampilan video di dalam satu layar, semoga bisa membantu

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *